Thursday, April 21, 2011

Jumat Agung dan Paskah - lagi?

Minggu berganti minggu, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun... Waktu terus berlalu dengan sangat cepat. Kalender gereja juga terus berjalan. Setelah hari kenaikan Yesus tahun lalu, Pentakosta, Natal... dan sekarang... Jumat Agung dan Paskah - lagi!

Beberapa orang mungkin merasa cepat sekali waktu berlalu, rasanya belum lama kita kebaktian Jumat Agung dan Paskah! Sekarang... sudah Jumat Agung lagi? Ya.. besok kita akan merayakan Jumat Agung lagi dan hari minggu nanti, Paskah lagi.

Kata 'lagi' seakan membuat kita merasa ada rutinitas. Tidak ada yang salah dengan rutinitas. Manusia hidup dalam rutinitas waktu. Selama masih hidup di dunia, kita tidak bisa lepas dari rutinitas, ada makan, ada mandi, ada tidur, tiap hari ada rutinitas. Yang menjadi masalah adalah kalau kita lupa makna yang lebih besar dari rutinitas itu, dan hanya melihat makan, mandi, dan tidur itu. Yang menjadi masalah adalah kalau kita tidak bisa melihat untuk apa rutinitas itu, buat apa makan, mandi dan tidur itu.

Jumat Agung dan Paskah, sama seperti semua perayaan yang diperintahkan Tuhan dulu kepada orang Israel, adalah rutinitas. Sesuatu yang harus terus dilakukan, diingat, diadakan, tiap tahun, rutinitas. Tapi apakah kita kehilangan maknanya? Itu yang menjadi masalah.

Kata 'lagi' juga membuat kita merasa bahwa ini kurang penting. Karena 'lagi' berarti dulu ada dan masih akan ada lagi. Tapi kita lupa rutinitas tidak berarti selalu ada. Sekarang kita bisa makan, tapi nanti malam? Sekarang kita bisa mandi, tapi besok pagi? Tahun ini kita bisa memperingati Jumat Agung dan Paskah lagi, tapi tahun depan? Tidak ada yang tahu.

Seperti tiap peristiwa dalam hidup kita, bahkan yang rutin seperti makan, mandi, tidur, selalu ada maksud Tuhan, selalu ada makna lebih besar di baliknya, dan selalu ada kesukaan dan karunia Tuhan di dalamnya, demikian pula Jumat Agung dan Paskah. Atau lebih tepatnya, apalagi Jumat Agung dan Paskah!

Kalau Tuhan berikan kita tahun ini kesempatan merayakan lagi Jumat Agung dan Paskah, mari temukan maksud Tuhan, temukan maknanya yang lebih besar bagi hidup kita daripada sekedar ke gereja, temukan kesukaan dan karunia Tuhan di dalamnya!

Selamat merayakan Jumat Agung dan Paskah!