Monday, September 02, 2013

Bible Apps


Bagi para pengguna tablet iOS atau Android, ada dua Bible apps yang sangat baik dan bisa di-download gratis. (Saya pernah menulis review singkat tentang Study Bible yang hard copy di sini).

Yang pertama adalah NET Bible dari Bible.org. Saya tidak menemukan versi Android-nya, sepertinya memang belum ada. Foto-foto tampilan apps di bawah ini semua diambil dari iPad - maaf saya nggak ngerti kenapa kualitas fotonya jadi jelek:



Tampilan NET Bible sangat sederhana. Teks yang dipakai adalah versi New English Translation (NET), sebuah terjemahan yang baik. Di sepanjang teks ada banyak sekali huruf kecil 'a', 'b', dan seterusnya yang jika disentuh akan menampilkan catatan dari penterjemah mengenai bagian itu (seperti tampilan di atas). Catatan itu sifatnya lebih memberi informasi mengenai terjemahan daripada memberi keterangan.

Kalau tampilan dibuat landscape, maka membaca NET Bible akan menjadi mirip seperti membaca Alkitab. Style membalik halamannya seperti di iBook.


Yang kedua adalah Faithlife Study Bible. Apps ini tersedia dalam versi Android maupun iOS. 

Tampilannya sangat bagus. Teks yang dipakai adalah Lexham English Bible (buatan Logos) tetapi untuk sementara (saya tidak tahu masih berlaku atau tidak) kita juga diizinkan untuk download gratis English Standard Version (ESV). Keduanya terjemahan yang baik. 

Di bagian atas adalah teks Alkitab dan di bagian bawah adalah keterangannya. Kadang di dalam keterangan ada tanda '+' yang bisa disentuh dan akan menampilkan keterangan tambahan atau referensi ke buku lain (bukunya tidak disediakan). Kadang di dalam keterangan ada gambar (seperti yang kita lihat di atas) dan ketika disentuh akan menampilkan gambar seperti di bawah ini (Gambarnya lebar sehingga perlu digeser untuk melihat bagian berikutnya). 


Ada beberapa resources yang melekat di dalam Faithlife Study Bible, seperti bisa dilihat di kolom kiri dalam foto di bawah ini. Gambar seperti di atas adalah bagian dari Infographics, tetapi ada juga Maps, Photos, bahkan Videos serta Lexham Bible Dictionary. Semuanya terintegrasi. Kita bisa mengubah supaya bagian bawah bukan berisi keterangan tapi artikel dari Lexham Bible Dictionary seperti dalam foto di bawah ini.


Silakan download dan pakai semaksimal mungkin :-)

8 comments:

yanita said...

langsung aku download ko hahaha.. waktu itu sempet cari cuma ga ngerti mana yg bagus dan benar. :p semoga bisa dimaksimalkan penggunaanya hehehe.. thanks ko. :D

Anonymous said...

You're most welcome Yan :)
Kamu pakai apa? Hp atau tablet? Faithlife Study Bible dalamnya kan ada resources (ductionary etc), itu bisa di download semua supaya bisa pakai offline.

Anonymous said...

helo,
nama saya mike..
sorry mau nge comment..
faithlife bible study bagus banget emang.. tapi ruginya kalo pas lagi enak2 baca, tiba2 kalo ada topic yg menarik bisa kita click.. tapi pas di click.. kita harus beli resourcenya .. hehe..
aku punya Logos's account Diamond package (dan plus buku2 tambahan) .. dan kadang pun kalo pas baca faithlife ... nga semua resourcesnya kebuka.
aku sudah spent lebih dari $7000an .. dan terkadang masih ngerasa 6000 buku masih dikit .. hah! (saya dapet academic discount)
Ecclesiastes 12:12!

Anonymous said...

jeffry coba buka logos's account..
kalo student dapet 50% discount untuk beli base package nya..
(make sure buy Gold at least)

Anonymous said...

helo,
nama saya mike..
sorry mau nge comment..
faithlife bible study bagus banget emang.. tapi ruginya kalo pas lagi enak2 baca, tiba2 kalo ada topic yg menarik bisa kita click.. tapi pas di click.. kita harus beli resourcenya .. hehe..
aku punya Logos's account Diamond package (dan plus buku2 tambahan) .. dan kadang pun kalo pas baca faithlife ... nga semua resourcesnya kebuka.
aku sudah spent lebih dari $7000an .. dan terkadang masih ngerasa 6000 buku masih dikit .. hah! (saya dapet academic discount 50% for base package)
Ecclesiastes 12:12!

Anonymous said...

Hi Mike,
Thank you buat comment-nya. Yes I know Logos. I am using it too. But I am still not convinced to buy their base package :-)

Anonymous said...

why not?
bagus buat library research jeff..
apalagi kalo lagi sekolah..

Anonymous said...

apalagi theological journals nya bagus2 ...
kamu nga apply buat academic discount nya jeff?
pasti dapet kok..