Saturday, August 16, 2014

My Dissertation Writing - 3

Terakhir kali saya menulis update penulisan disertasi adalah 9 bulan yang lalu! Bukannya malas tapi memang hampir tidak ada yang bisa di-update. Saya tetap bekerja, membaca banyak buku dan disertasi, berpikir, baca lagi, pikir lagi, ditambah banyak bengong di tengah-tengahnya, baca lagi, pikir lagi,… seperti mencoba melihat titik terang di ujung sebuah lorong yang panjang tapi tetap tidak kelihatan.

Sampai sekarang masih belum kelihatan titik terang yang di ujung lorong itu tapi ada perasaan bahwa ke situ arahnya. Maka sedikit update saja:

Saya sedang mencoba menyelidiki kaitan antara Roh Kudus dan etika di dalam Perjanjian Lama, literatur zaman Bait Allah kedua (Second Temple Literature) dan literatur Yunani-Romawi (Graeco-Roman) zaman itu. Saya mencoba untuk melihat berbagai kemungkinan pengharapan dan penafsiran yang dimiliki orang Yahudi di zaman itu tentang bagaimana Roh Kudus bekerja mempengaruhi etika. Saya juga mencoba menemukan latar belakang kalimat-kalimat perintah yang Paulus pakai dalam kaitan dengan Roh Kudus: “hidup oleh Roh”, “dipimpin oleh Roh”, “menabur dalam Roh” di dalam literatur di atas.

Saya perlu mengerjakan ini karena Paulus menulis surat Galatia untuk menjawab tantangan para pengacau di sana. Sebisa mungkin saya ingin mengerti apa yang ada di dalam pikiran para pengacau itu dan juga jemaat Galatia. Kemudian barulah saya mencoba memikirkan bagaimana argumen Paulus di surat Galatia bisa menjawab tantangan mereka.

Jalannya masih sangat panjang. Sekarang ini saya hanya fokus mencari data sambil terus memikirkan bagaimana data itu akan dipergunakan nantinya.

Latar belakang literatur ini akan menjadi Bab 2 di dalam disertasi saya. Harap-harap saya bisa mulai menulis Bab 2 ini paling lambat di akhir September. Lebih harap-harap lagi, saya bisa menyelesaikan Bab 2 ini paling lambat di akhir Januari 2015.