Thursday, November 20, 2014

The Contemplative Pastor: Returning to the Art of Spiritual Direction - Eugene H. Peterson

Buku ini adalah salah satu buku pastoral terbaik yang pernah saya baca. Eugene Peterson seperti imaginative. Kata pengantar yang ditulis Rodney Clapp dimulai dengan kalimat: "If Eugene H. Peterson were not a Presbyterian, he might be a monk." Saya lumayan setuju :-) Bukan hanya itu, tetapi saya yakin buku ini betul-betul touch a nerve bagi banyak hamba Tuhan.
biasa menulis buku ini dengan gaya bahasa yang khas, menarik, mendalam,

Berikut ini saya terjemahkan dan ringkaskan beberapa paragraf tulisannya di halaman awal buku ini:

Kata benda yang sehat tidak membutuhkan kata sifat. Kata sifat membuat berantakan kata benda yang baik. Tetapi jika kata benda itu sudah dirusak atau dijangkiti oleh kebudayaan, maka kata sifat diperlukan.

"Pastor" dulu adalah kata benda yang seperti itu - penuh semangat dan kuat. Tetapi waktu saya melihat bagaimana panggilan "pastor" itu dihidupi di Amerika dan waktu saya mendengar nada dan juga konteks dimana orang membicarakan "pastor", saya sadar apa yang saya dengar di dalam kata itu berbeda dengan apa yang orang lain dengar. Dalam pemakaian umum, kata benda "pastor" sudah menjadi lemah, diejek, dan dicairkan dengan oportunisme. Maka kata itu sangat membutuhkan kata sifat yang memperkuatnya. 

Untuk itu, saya menawarkan tiga kata sifat untuk memperjelas kata benda "pastor": unbusy (tidak sibuk), subversive (merombak apa yang sudah mapan dengan tindakan yang tidak terang-terangan), dan apocalyptic (mengisi dan membentuk pikiran/imajinasi orang dengan realita kerajaan Allah).

Di bagian lain, dia menjelaskan tentang kata sifat "unbusy" itu dengan kalimat yang tidak pernah saya lupa:

Kata sifat "busy" (sibuk) jika dikenakan kepada "pastor" harusnya berbunyi di telinga kita seperti "berzinah" dikenakan kepada seorang istri atau "menggelapkan uang" dikenakan kepada bankir. Karena [busy pastor] adalah sebuah skandal memalukan, sebuah penghinaan menghujat.

Mulai mengerti mengapa saya menyukai buku ini? :-)

Setelah menjelaskan ketiga kata sifat yang dia usulkan untuk memperjelas kata benda "pastor," dia mulai membahas apa yang dilakukan seorang "pastor" between Sundays (di hari selain hari Minggu). Setiap bab memberikan insights yang sangat menarik. Dia tidak mengusulkan bagaimana kita mengisi waktu atau aktivitas apa yang harus dilakukan seorang pastor, tidak! Tetapi, dia selalu membongkar konsep kita yang lama dan mencoba menggantinya dengan yang baru. Saya kira dia sedang melakukan pelayanan "subversive" melalui tulisannya.

Membaca buku ini, saya yakin akan membuat kita terganggu dan merenung - dan memang itulah yang diinginkan oleh Eugene Peterson.

Selamat membaca!

Friday, November 07, 2014

Melihat Alam Roh

Pernah mendengar cerita tentang/dari orang-orang yang “memiliki kemampuan” untuk melihat alam roh? Mereka bukan hanya tahu jika ada roh tetapi bahkan bisa melihat dan kadang berbicara dengan roh itu.

Sebagian orang menyebut “kemampuan” ini sebagai indra ke-enam atau “the sixth sense”. Sebagian orang lagi menyebutnya dengan istilah “Indigo”. Apapun sebutannya, yang ingin saya bahas adalah “kemampuan” untuk melihat alam roh itu.

Beberapa kali saya pernah bertemu dan mendengar langsung cerita dari orang-orang yang “memiliki kemampuan” ini. Cerita-cerita mereka menolong saya untuk berpikir apa sebenarnya yang terjadi. Maka saya pikir sudah waktunya saya menulis sesuatu yang paling tidak bisa menolong memberikan sedikit guideline.

Berikut ini beberapa cerita yang pernah saya dengar (detil cerita saya samarkan):

1. Pada waktu usia pemuda, A tiba-tiba mulai melihat setan. Dia bisa menggambarkan penampilan setan-setan itu, yang katanya bermacam-macam. Mereka tidak mengganggu dia, hanya lewat saja di dekat dia. Dia juga tidak berbuat apa-apa selain memperhatikan dengan ketakutan. Berkali-kali dia berdoa minta supaya setan-setan itu pergi daripadanya. Dia juga menceritakan soal ini ke teman-temannya dan pendeta, dan mereka juga mendoakan dia. Tetapi kenyataannya dia tetap bisa melihat setan-setan itu. Lama kelamaan bahkan semakin aneh. Ketika pagi hari dia bersaat teduh, dia mendengar anjing melolong di depan rumahnya dengan lolongan yang keras, menyayat hati dan terus menerus, padahal tidak ada anjing di depan rumahnya. Setiap kali dia berdoa lolongan itu terdengar, tetapi setiap kali dia berhenti berdoa lolongan itu pun berhenti. Akhirnya dia berhenti berdoa, saat teduh, dan baca Alkitab. Dia tetap pergi ke gereja tapi semua menjadi hambar. Bertahun-tahun seperti itu. Saya tidak tahu apa yang terjadi kemudian tetapi belakangan saya dengar dia malah berkomunikasi dengan setan-setan itu.

2. Entah sejak kapan B mulai bisa melihat setan. Khususnya waktu di rumah duka atau di kuburan, dia akan melihat banyak sekali di sana. Ketika pulang, apa yang dilihatnya itu akan sangat mengganggu dia. Itu sebabnya sebisa mungkin dia menghindar untuk pergi ke tempat-tempat seperti itu. Dia berdoa dan didoakan, tetapi semua tetap sama saja. Akhirnya dia memilih untuk cuek. Dia belajar untuk tidak mempedulikan setan-setan itu. Dia tidak mau memperhatikan, tidak mau melihat, apalagi bicara dengan setan-setan itu. Dia total membiarkan saja. Lama kelamaan, walaupun dia masih bisa melihat, kehadiran setan-setan itu makin tidak mengganggu bagi dia. Mereka terlihat dari jauh, tidak melihat dia, dan dia juga tidak mau melihat mereka. Hidupnya normal dan relatif tidak terganggu dengan semua itu.

3. Ketika C masuk ke suatu tempat yang katanya ada setan, dia akan sangat merasakan itu dan seperti diterpa oleh sebuah kekuatan. Tiap kali dia merasakan itu, dia tahu ada setan. Dia jarang melihat langsung. Tetapi dia bisa merasakan dengan sangat kuat ada setan, bahkan berapa jumlahnya! Setiap kali merasakan itu, dia merinding ketakutan. Dia tidak pernah menggunakan “kemampuan”nya itu kecuali untuk menilai apakah di suatu tempat ada setan atau tidak.

Ada beberapa cerita lagi yang saya dengar, tapi kira-kira mirip dengan semua kisah di atas.

Apa yang terjadi sebetulnya? Betulkah mereka melihat alam roh? Mengapa mereka bisa melihatnya sementara orang lain tidak? Bagi orang Kristen, apakah itu karunia dari Tuhan? Bagaimana kita, atau mereka, menyikapi "kemampuan" ini? Apa yang harus mereka lakukan?

Saya harus mulai dengan mengatakan bahwa dunia roh selamanya adalah misteri bagi kita yang masih hidup di dunia. Banyak hal tidak bisa kita jelaskan karena Alkitab juga tidak banyak bicara soal ini. Satu hal yang selalu ditekankan Alkitab adalah dunia roh hanya terdiri dari dua macam: Tuhan (dan malaikatnya) dan Iblis (dan pengikutnya) yang selalu di bawah otoritas Tuhan. Tetapi, bukan berarti kita sama sekali blank. Maka berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas yang saya pikirkan berdasarkan apa yang saya dengar (yang terbatas sekali) dan berdasarkan pengertian saya akan Alkitab:

Pertama, betulkah mereka melihat alam roh?
Kesamaan dalam cerita-cerita di atas adalah roh yang dilihat selalu adalah setan (dengan berbagai rupa yang menakutkan) atau roh orang mati, dan bukan malaikat. Kesamaan lainnya adalah ketiga orang itu adalah orang berpendidikan, normal secara kejiwaan, dan orang Kristen. Saya mengenal mereka cukup lama dan tahu bahwa mereka tidak berbohong dan tidak berhalusinasi. Maka jawabannya adalah “Ya, mereka betul melihat alam roh."

Kedua, mengapa mereka bisa melihatnya sementara orang lain tidak?
Setan adalah roh dan roh tidak terlihat oleh mata fisik kita. Tetapi, mengapa mereka bisa melihatnya? Jawabannya hanya dua macam: Tuhan yang memperlihatkan setan-setan itu kepada mereka atau setan-setan itu yang sengaja memilih untuk memperlihatkan diri kepada mereka. Saya cenderung berpikir jawabannya adalah yang kedua, dan tanpa alasan yang kita mengerti, Tuhan mengizinkan itu terjadi.

Tidak ada yang terlalu istimewa sebetulnya. Setan bisa berusaha menjatuhkan orang-orang tertentu dengan cara yang khusus. Ingat kisah Simon Petrus? Yesus berkata: “Simon, Simon, lihat, Iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum” (Luk 22:31). Iblis memilih Simon dan menuntut izin Tuhan untuk menghajar Simon. Tuhan bisa izinkan dan bisa tidak. Tetapi, dengan alasan yang kita tidak mengerti, Tuhan memutuskan untuk mengizinkan. Simon bisa jatuh dan bisa tidak. Yesus memperingatkan Simon Petrus dan Dia izinkan Iblis untuk menghajar Simon, lalu hasilnya Simon jatuh. Apakah kalau begitu Tuhan kalah? Tidak. Yesus sudah tahu bahwa Simon akan jatuh. Tetapi Yesus akan menjaga supaya iman Simon tidak gugur dan Dia akan membawa Simon insaf kembali lalu memakai Simon untuk menguatkan saudara-saudara yang lain.Yesus berkata, “Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu” (Luk 22:32).

Menurut saya, mereka yang melihat alam roh ini adalah orang-orang yang secara khusus ingin dijatuhkan setan dengan cara dia menampakkan diri kepada mereka. Tidak ada yang istimewa juga dengan hal itu. Kita semua pernah dipilih oleh setan untuk menjadi targetnya, dengan berbagai cara. Tetapi orang-orang itu ditargetkan untuk dijatuhkan dengan cara setan memperlihatkan diri kepada mereka. Maka pertanyaannya bukan mengapa tetapi bagaimana supaya mereka tidak jatuh?

Ketiga, apakah itu adalah karunia dari Tuhan?
Karunia adalah sesuatu yang berguna untuk membangun hubungan kita dengan Tuhan, dan bahkan lebih tepatnya untuk pembangunan seluruh tubuh Kristus. Dari semua cerita yang saya dengar, “kemampuan” ini lebih bersifat menipu/mengganggu daripada berguna. Jangankan untuk pembangunan tubuh Kristus, bahkan untuk diri sendiripun "kemampuan" ini merusak. Akhirnya A menjauh dari Tuhan dan sekarang dia bahkan memberikan “nasihat” kepada orang lain sebagai “orang pandai”. B ketakutan dan selalu terganggu perasaannya ketika dia memperhatikan setan-setan itu. C mulai bergantung pada “kemampuan”nya dan cenderung bisa ditipu. Ada satu cerita lagi yang tidak saya dengar langsung, orang itu sering menerima bisikan akan apa yang akan terjadi, sehingga semakin lama semakin bergantung kepada bisikan itu.

Perhatikan polanya. Lama kelamaan mereka akan makin tidak bergantung kepada Tuhan. Waktu tidak bergantung kepada Tuhan, mereka bergantung kepada siapa? Maka saya kira jawabannya adalah “Ini bukan karunia dari Tuhan”.

Keempat, bagaimana sebaiknya mereka menyikapi “kemampuan” ini?
Lagi-lagi, dari cerita yang saya dengar, umumnya mereka tidak diganggu oleh setan-setan itu (kecuali A yang anjing melolong ketika dia bersaat teduh). Setan-setan itu hanya menampakkan diri dan lewat di depan mereka. Mereka juga tidak diajak bicara awalnya. Tetapi semakin mereka memperhatikan setan-setan itu, kesadaran akan kehadiran setan-setan itu semakin kuat. Sebaliknya, seperti B, semakin dia tidak memperhatikan setan-setan itu maka semakin dia tidak terganggu.

Saya kira itulah yang sebaiknya dilakukan: Cuekin! Jangan pernah pakai “kemampuan” itu. Itu bukan kemampuan tapi godaan setan. Jangan pernah bergantung padanya untuk menilai sesuatu. Jangan percaya ketika dibisiki/diperlihatkan apapun juga. Jangan perhatikan, jangan cari, apalagi bicara dengan setan-setan itu. In short: Cuekin!

Apa tujuan setan melakukan itu? Setan tidak kreatif, maka tujuannya selalu bisa ditebak dengan mudah. Kalau itu betul dari setan, maka tujuannya selalu hanya untuk menipu manusia, membuat manusia bergantung kepadanya, dan ujungnya adalah menjauhkan manusia dari Tuhan. That’s it! Maka cuekin aja.

Saya pernah bertemu dengan seorang ibu yang bercerita tentang anaknya yang bisa melihat setan. Anak itu kadang ketakutan karena melihat “tante” atau “nenek”. Kadang dia menunjuk ke atas lemari, kadang dia terlihat seperti mengusir, bahkan kadang dia berbicara sendiri. Pertanyaan ibu itu sederhana, apa yang harus dilakukan? Prinsipnya sama seperti kepada orang dewasa, ajarkan dia untuk cuekin, jangan pedulikan apalagi berkomunikasi dengan roh itu. Sebaliknya, ajarkan terus dia bahwa Tuhan juga adalah roh, bahkan penguasa dari semua alam roh termasuk setan. Ajarkan dia untuk berdoa ketika diganggu. Ajarkan dia untuk tidak takut dan percaya bahwa Tuhan lebih besar dari semuanya. Ajarkan dia bahwa Tuhan tidak mau dia peduli dengan roh itu, sebaliknya Tuhan mau bicara dengan dia melalui Alkitab dan doa. Doakan sungguh-sungguh supaya di dalam anugrah-Nya, Tuhan menjaga anak itu. Tuhan tidak akan tinggal diam, Dia tahu bagaimana menjaga kita sekalipun kita digocoh oleh setan, tetapi kadang kita yang bodoh dan membiarkan diri ditipu oleh setan. Itu masalahnya.

Satu hal lagi, jangan pernah pergi ke "orang pintar". Ingat bahwa tidak ada "black magic" dan "white magic". Yang ada hanyalah kuasa Tuhan dan kuasa setan. Dengan pergi ke "orang pintar", kita jatuh ke dalam dosa dan tujuan setan tercapai.

Saya harap apa yang saya tulis ini bisa sedikit menolong anda yang bergumul dengan masalah-masalah ini. Bagi teman-teman yang kisahnya saya pakai di atas dan kebetulan membaca tulisan ini, saya mengucapkan terima kasih karena rela berbagi cerita dengan saya. Saya berdoa supaya Tuhan terus menguatkan kalian.

Saya ingin menutup dengan mengulang apa yang saya tulis di atas, "Satu hal yang selalu ditekankan Alkitab adalah dunia roh hanya terdiri dari dua macam: Tuhan (dan malaikatnya) dan Iblis (dan pengikutnya) yang selalu ditempatkan di bawah otoritas Tuhan." Itu sebabnya menonton film horor membuat kita ketakutan karena setan dipresentasikan begitu maha kuasa dan tidak terkendali. Perspektifnya salah! Itu bukan ajaran Alkitab! Sebaliknya ketika membaca tentang setan di Alkitab tidak pernah membuat kita merinding ketakutan kepadanya karena disana kita melihat setan dalam perspektif yang sebenarnya: Selalu harus tunduk di bawah kuasa Allah kita yang maha besar.

Sharing: Membaca Kitab Kejadian

Di awal bulan Oktober saya menulis tentang membaca ulang Alkitab dengan menggunakan Parallel Bible NASB-The Message. Hari ini saya baru menyelesaikan kitab Kejadian. And I love this book so much – Genesis!!!

Kitab Kejadian selalu menarik dan menyenangkan untuk dibaca. Bukan hanya karena cerita-cerita di dalamnya memberitahu kita cara pandang Tuhan akan terjadinya dunia, masuknya dosa ke dalam hidup manusia, penyebaran dosa dan air bah, lalu kisah tentang para patriarkh Israel: Abraham-Ishak-Yakub dengan segala intrik-intrik di dalamnya, dan akhirnya kisah tentang Yusuf yang sangat panjang (14 pasal!). Tetapi, juga karena penulisnya sangat.. sangat.. mahir menceritakannya.

Ada satu pengalaman unik ketika membaca kitab ini. Waktu sampai pada kisah tentang Yusuf bertemu dengan saudara-saudaranya, tiba-tiba saya menangis terharu, padahal lagi di perpustakaan!!! (untung nggak ada yang lihat) :-)

Beberapa hal yang mungkin menolong saya membaca kitab Kejadian: Pertama, saya membaca kitab ini sambil kadang membayangkan secara visual. Mungkin beberapa film Alkitab yang pernah saya tonton menolong untuk itu :-) Kedua, kali ini saya membacanya dengan Parallel Bible NASB-The Message. NASB adalah versi terjemahan Alkitab yang cenderung literal (saya menyukai terjemahan ini) dan The Message adalah terjemahan dalam bentuk parafrase. Kombinasi ini membuat saya kadang memperhatikan hal-hal yang dulu tidak pernah saya perhatikan. Kalimat-kalimat dalam The Message kadang memberikan nuansa tersendiri.

Dua kesan terbesar yang saya dapat ketika membaca ulang kitab Kejadian: Betapa dahsyatnya dan betapa besar kasihnya Tuhan!

Kejadian 1-11 adalah bagian yang menceritakan primeval history. Di sana saya merenungkan lagi siapa manusia di hadapan Tuhan. Tuhan yang besar bukan hanya menciptakan kita tetapi juga menyediakan semua yang kita butuhkan dan mengasihi kita, tetapi kemudian kita khianati dan kita lawan. Dengan sangat mudah Dia bisa menghancurkan seluruh dunia atau meninggalkannya. Tetapi – we will never know why - Dia memilih untuk terus memelihara kelangsungan dunia dan manusia, dan karena itulah Dia harus terus menanggung beban melihat dosa manusia dan dilawan oleh manusia.

Kejadian 12-50 menceritakan bagaimana Allah mulai menenun keselamatan bagi manusia lewat satu orang: Abraham. Bagaimana kemudian Tuhan ikut campur dalam hidup manusia, di satu sisi membiarkan berbagai dinamika (termasuk dosa) terus terjadi, di sisi lain tangan-Nya tidak pernah lepas menopang dan mengarahkan. Tuhan, seperti orang yang sedang berjalan di atas tali, begitu beresiko, tetapi tak pernah jatuh! Allah mengambil resiko besar karena rencana-Nya ditaruh di atas pundak manusia yang lemah, tetapi Allah tak pernah dan tak akan gagal.

This is the story of the world and humanity. This is the story of God’s people. 
This is His story. How great Thou art!

Sunday, November 02, 2014

Pastor: The Theology and Practice of Ordained Ministry - William H. Willimon

William Henry Willimon pernah menjadi salah satu Bishop dari United Methodist Church, USA dan
sekarang menjadi Professor di Duke Divinity School. Dia dikenal sebagai salah seorang pengkhotbah paling terkenal di USA dan juga seorang penulis yang sangat produktif.

Beberapa tahun lalu saya membaca bukunya yang satu ini, sangat tertarik, tetapi kemudian entah mengapa hanya sempat membacanya sedikit. Belakangan ini saya tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai apa itu “Pastor,” dan saya kembali ke buku ini. Kalau tidak karena kesibukan studi dan tebalnya buku ini (336 halaman), saya bisa tidak berhenti membaca buku ini terus menerus sampai habis dalam sekali duduk. Sangat menarik!

Berikut adalah judul-judul bab dalam buku ini:

1. Ordination: Why Pastors?
2. Ministry for the Twenty-first Century: Images of the Pastor
3. The Pastor as Priest: The Leadership of Worship
4. The Priest as Pastor: Worship as the Content and Context of Pastoral care
5. The Pastor as Interpreter of Scripture: A People Created by the Word
6. The Pastor as Preacher: Servant of the Word
7. The Pastor as Counselor: Care That Is Christian
8. The Pastor as Teacher: Christian Formation
9. The Pastor as Evangelist: Christ Means Change
10. The Pastor as Prophet: Truth Telling in the Name of Jesus
11. The Pastor as Leader: The Peculiarity of Christian Leadership
12. The Pastor a Character: Clergy Ethics
13. The Pastor as Disciplined Christian: Constancy in Ministry

Satu persatu topik di atas dia bahas dengan sangat baik. Kadang mungkin dia agak bertele-tele, tetapi selalu insightful. Berkali-kali di tengah membaca buku ini, saya harus berhenti dulu mencoba menanamkan apa yang dia tuliskan di hati dan pikiran saya.

Di dalam satu buku ini, dia sudah membahas semua, atau hampir semua, topik penting yang perlu dibahas dalam pelayanan seorang “Pastor.” Maka saya kira buku ini akan sangat tepat menjadi textbook kuliah Teologi Pastoral di seminari.

Tidak lama setelah buku ini terbit, Willimon juga menerbitkan satu buku lain yang berjudul: . Buku ini seperti companion untuk buku yang pertama tadi. Susunan bab dalam buku ini persis seperti buku yang pertama, tetapi isinya adalah kumpulan tulisan berbagai tokoh gereja.  Tujuannya memperkenalkan kita kepada tulisan-tulisan orang lain, yang menurut dia terbaik, dengan topik sesuai bab tertentu. Untuk tiap bab, Willimon memilih satu sampai empat tulisan. Misalnya, untuk Bab 1: Ordination, dia memilih tulisan Martin Luther (The Nobility of Ministry), Barbara Brown Taylor (Vocation) dan Faith and Order Paper no.111 dari World Council of Churches (Baptism, Eucharist and Ministry). Demikian seterusnya. Buku ini bisa dibaca sendiri atau dibaca bersamaan dengan buku yang pertama.
PASTOR: A READER FOR ORDAINED MINISTRY

Seseorang menjadi “pastor” adalah karena panggilan. Kemudian dia akan belajar bagaimana menjadi “pastor” yang baik melalui berbagai pengalaman jatuh bangun dalam pelayanan pastoral. Tetapi, alangkah baiknya, kalau dia memikirkan, mempelajari, merenungkan, tentang pelayanannya sebagai seorang “pastor” dengan sistematis dan teologis. Alangkah baiknya kalau dia juga duduk di bawah kaki para “mentors” yang bijak, yaitu para “pastors” di masa lalu, dan belajar dari mereka.

Maka saya merekomendasikan buku ini dan juga companion-nya, khususnya untuk para “pastors,” dan juga semua orang yang tertarik untuk mengerti apa dan bagaimana seharusnya pelayanan seorang pemimpin gereja yang disebut “pastor.”