Thursday, September 03, 2015

Rekomendasi: BIBLE ODYSSEY

Saya ingin merekomendasikan sebuah website yang sangat berguna untuk mempelajari Alkitab secara kritis dan akademis: www.bibleodyssey.net

Website ini adalah hasil karya dari Society of Biblical Literature (SBL), sebuah komunitas para siswa dan ahli Alkitab (Bible scholars) yang anggotanya berasal dari seluruh dunia. SBL berdiri tahun 1880 dan sekarang memiliki lebih dari 8000 anggota.

Seperti ditulis di dalam website ini, tujuan dari Bible Odyssey adalah:

The Bible is a revered text for many and holds an iconic status in American and even global culture. And yet, studies show that people are unfamiliar with its key themes or stories—and who can blame them? The Bible is not one book, but many: a compilation of poetry, law codes, novellas, proverbs, gospels, and letters that were pulled together over the centuries. Being literate about the Bible is a tall order—but an important one. Given the Bible’s immense impact, our civic conversations and cultural awareness can only improve when we are able to recognize key people, places, and passages of the Bible. 

In addition, many readers are also unfamiliar with critical approaches to the text. There is a big difference between Bible study, which happens in a religious setting, and study of the Bible, which happens in an academic one.  Bible Odyssey addresses not only the literacy gap but also the gap between the academy and the “street.” Why should Bible scholars have all the fun? Wouldn’t you like to know about the Synoptic Question, or about J, E, P, and D?

Berikut ini adalah link video promo dari Bible Odyssey:
http://www.bibleodyssey.net/tools/video-gallery/b/bible-odyssey-promo.aspx

Isi website ini sangat luar biasa. Secara sederhana dia membagi topik pembahasan dalam "People", "Places" dan "Passages". Tapi bukan hanya itu. Jika dilihat di bagian "Tools" maka masih ada banyak sekali bahan di sana berupa audio, video, maupun artikel yang lebih panjang.



Di bawah ini contoh beberapa artikel yang lebih panjang:



Juga ada video gallery dimana scholars berbicara menjelaskan mengenai topik tertentu. Tiap video durasinya tidak lebih dari 3 menit. Ada full transcript untuk menolong buat yang bahasa Inggrisnya pas-pasan hehe..



Ada begitu banyak isinya. Saya juga belum sempat melihat-lihat lebih lama. Tapi kalau kita lihat di fitur "Browse A-Z" bisa terlihat bahwa website ini mencakup sangat banyak hal yang selama ini hanya menjadi pembicaraan di lingkungan para siswa dan ahli Alkitab.



Jika masih belum puas, ada feature "Ask a Scholar". Saya belum mencobanya. Mereka menjanjikan untuk menjawab pertanyaan (tentunya harus dalam bahasa Inggris).

Website ini akan sangat menolong bagi mereka yang ingin belajar Alkitab secara kritis dan akademis (bukan sebagai bible study dalam arti perenungan akan iman). Tidak berarti para scholars punya semua jawabannya. Tidak juga berarti semua jawaban yang mereka berikan disini pastilah tepat. Saya yakin beberapa pandangan mereka salah! Caution: Beberapa scholars bahkan mungkin tidak percaya Tuhan. Tetapi, paling tidak mereka menolong untuk memperluas pemahaman kita atau menolong kita melihat bahwa ternyata ada pertanyaan atau masalah itu. Kebenaran dari apa yang mereka sampaikan selalu perlu diuji lagi.

Saya kira banyak topik yang dibahas disini yang bahkan sama sekali tidak pernah terpikir oleh banyak orang Kristen. Membaca satu persatu artikel yang diberikan dan mendengarkan kuliah singkat dari para scholars, atau bahkan hanya melihat-lihat judul artikelnya saja hehe.. :-) akan menolong orang Kristen sedikit lebih mengerti "dunia rahasia" para scholars. Salah satu tujuan website ini memang membagi "dunia rahasia" itu kepada sebanyak mungkin orang Kristen. Seperti dikatakan di dalam introduksi website ini: "Why should Bible scholars have all the fun?"

No comments: