Monday, December 26, 2016

Belum Baca Buku!?

Selama tahun ini waktu dan pikiran saya dipenuhi oleh penulisan disertasi. Maka, tahun ini, sangat sedikit jumlah artikel yang saya tulis di blog ini. Sangat sedikit juga buku yang saya baca di luar untuk keperluan penulisan disertasi. Paling tidak saya berusaha :-)

Di bawah ini adalah daftar buku yang berhasil saya selesaikan selama tahun 2016. Ini bukan lagi bangga tapi lagi malu karena sebetulnya ini sedikiiiittt sekali...


Selama sekitar 7 bulan ke depan sepertinya saya masih akan disibukkan dengan disertasi. Setelah itu barulah secara bertahap saya bisa lebih banyak membaca buku dengan topik yang lebih luas. Dengan kondisi seperti itu, saya berencana ingin membaca 26 buku di tahun 2017. Muluk? Sebetulnya tidak juga.

Banyak orang merasa kesulitan untuk membaca buku. Sebetulnya yang dibutuhkan adalah niat dan komitmen (Catatan: niat aja nggak cukup!). Jika setiap hari kita membaca dua lembar saja (4 halaman) dan konsisten melakukannya maka dalam satu bulan kita sudah membaca 120 halaman. Banyak buku yang tebalnya berkisar antara 150-300 halaman. Artinya, jika kita konsisten dua lembar setiap hari, setiap tahun kita bisa membaca sekitar 6-7 buku sampai habis. Bayangkan! Dua lembar saja! Kalau setiap hari kita membaca tiga lembar (6 halaman) maka setiap tahun mungkin 9-10 buku!

Saya ingin menambahkan tantangan ini. Tentukan buku yang ingin dibaca untuk tahun 2017. Kalau anda tipe yang tidak pernah membaca buku dengan tekun, maka tidak usah muluk-muluk, tentukan enam saja dulu! Kalau ternyata nanti anda bisa lebih cepat, tambahkan lagi daftarnya. Kalau anda selama ini sudah lumayan terbiasa membaca buku, coba tantang diri sendiri untuk lebih lagi. Setelah penulisan disertasi selesai, saya sendiri berencana membaca minimal 40 buku setiap tahunnya.

Kalau anda bingung harus mulai dari mana. Di bawah ini ada beberapa tautan ke blog Tim Challies yang mungkin bisa membantu:

The 2017 Christian Reading Challenge. Tujuan tantangan ini adalah supaya kita membaca buku dengan topik yang lebih luas.

The Collected Best Christian Books of 2016. Banyak situs yang membuat daftar “Best Books” selama tahun 2016. Tim Challies mengumpulkan daftar-daftar itu di satu laman di blognya. Semua daftar itu tentu ada unsur subyektifitasnya. Maka silakan dilihat untuk memberi ide buku apa yang ingin dibaca.

Book Recommendations. Tim Challies sendiri membuat banyak sekali Book Reviews dan dia memberikan rekomendasi buku-buku yang menurut dia terbaik untuk topik tertentu. Saya menyarankan paling tidak baca dulu tinjauan yang dia buat supaya tahu apakah buku itu cocok dengan yang kita inginkan.

Selamat membaca!

No comments: