Wednesday, March 08, 2017

My Dissertation Writing - 6

Saya baru menyerahkan Bab 5. Seperti biasa, mundur dari rencana awal. *sigh* Recananya paling lambat di akhir Januari tapi akhirnya molor sampai awal Maret. *sigh*

Saya masih perlu menulis Bab 6, memperbaiki Bab 1 (Introduksi), dan menulis kesimpulan. Kemudian merevisi lagi semuanya sesuai permintaan pembimbing nanti.

TTC memberi standard 90.000 kata untuk disertasi (artinya bisa kurang sedikit tapi tidak boleh lebih). Untuk Bab 1 – 5, saya sudah menulis hampir 80.000 kata. Maka untuk Bab 6, saya hanya boleh menulis maksimal 8.000 kata supaya masih ada ruang jika nanti perlu tambahan di sana sini. Mudah-mudahan berarti bisa cepat.

Saya kepengen (pake banget) bisa ngomong “it is finished”. Tapi belum bisa. It’s ok, karena nanti setelah selesai mungkin saya akan merindukan masa-masa ini. Dilematis.

Waktu untuk pulang ke Jakarta juga semakin mendekat. Status visa saya di Singapore sudah berubah dari “student” menjadi “social” a.k.a. “turis”. Setelah sekian lama selalu lewat autogate di imigrasi Singapore, sekarang harus kembali antri di jalur biasa :-)

Kapan selesai semuanya? Saya tidak tahu. Kapan sidang disertasi? Saya juga tidak tahu. Yang saya tahu adalah sebelum pulang ke Jakarta saya harus berusaha sebisanya menyelesaikan Bab 6. Setelah itu, saya akan menyelesaikan penulisan disertasi dengan cara bolak balik Jakarta-Singapore. Banyak yang meragukan apa mungkin disertasi bisa selesai dikerjakan dengan cara seperti itu. Saya yakin bisa. Tapi tidak tahu berapa lama hehe..

Selagi menulis post ini, saya menerima email dari sekolah yang mengingatkan bahwa paling lambat saya harus selesai tanggal 30 Juni. Kalau sampai tidak.. berarti bayar uang sekolah lagi hehe.. (yang ini tersirat bukan tersurat). Ok, noted.


1 comment:

Hario said...

Jia You Ko J!! Kayanya selama disertasi jadi banyak nyari/baca komik buat pelepas stress ya?Haha ;p