Monday, July 10, 2017

Nostalgia yang Menguatkan

Saya sudah memulai kembali masa pelayanan di GKY Green Ville tanggal 1 Juli lalu (tepat 8 tahun 3 hari setelah pindah ke Singapore).

Kondisi saya saat ini sebetulnya bukan kondisi yang ideal untuk memulai pelayanan kembali. Saya sedang sangat sibuk. Saya merasa tidak pernah sesibuk ini dalam jangka waktu sepanjang ini dan tingkat stress setinggi ini seumur hidup saya. Di satu sisi, disertasi saya sedang berada di tahap penyelesaian. Tahap penyelesaian bukan berarti santai tapi sebaliknya membutuhkan energi otak yang sangat besar. Di sisi lain, ada sangat banyak (and I mean a lot) pelayanan yang harus dikerjakan. Maka saya hampir tidak punya waktu untuk apapun selain bekerja, berpikir, dan rapat, dari pagi sampai malam sekali, tujuh hari dalam seminggu. Sementara itu, istri saya juga sedang sangat sibuk dengan masalah keluarga. Maka kami berdua hampir exhausted secara fisik dan mental. Kondisi ini sudah berjalan beberapa bulan dan saya sadar bahwa ini masih akan berjalan cukup lama bahkan entah sampai kapan.

Kondisi seperti ini membuat cadangan emosi saya menipis. Saya lebih gampang terganggu dengan berbagai (and I mean a lot) masalah yang muncul. Saya lebih gampang marah ketika ada tuntutan baru yang muncul. Sejujurnya, saya merasa jadi sering tidak bijak dalam sikap dan perkataan karena kelelahan, kekecewaan, frustasi, kemarahan, dll.

Sekitar 2 minggu lalu saya sempat membuka-buka file lama dan melihat video rekaman yang diberikan beberapa teman yang waktu itu masih pemuda. Ada rekaman ucapan terima kasih dan wishes dari beberapa orang. Lalu ada rekaman paduan suara Zion yang menyanyikan sebuah lagu. Lalu saya juga melihat-lihat beberapa foto perpisahan dengan mereka yang waktu itu masih pemuda dan remaja.

Saya jadi mengingat-ingat kembali apa sebetulnya yang sudah saya dan istri lakukan selama 5 tahun pelayanan kami dulu di GKY Green Ville. Sejujurnya, kami merasa, kalau diukur secara prestasi atau hal yang ‘wah’, maka tidak banyak yang kami lakukan. Malah kami banyak melakukan kesalahan dan kebodohan. Tetapi, mungkin yang membuat kami dekat dengan mereka adalah karena kami mengasihi mereka, peduli kepada pergumulan mereka, senang melihat mereka bertumbuh dan berhasil, dan berusaha berbuat semampu kami dalam pelayanan.

Maka saya sadar bahwa saya tidak ingin menjadi seperti sekarang ini. Selama 8 tahun tentu saya berubah dalam banyak hal – tetapi seharusnya menjadi lebih baik dan bukan sebaliknya. Berkali-kali di dalam doa saya berseru kepada Tuhan “saya cape… cape banget” – sampai malu ngomong begitu ke Tuhan saking seringnya. Tetapi Tuhan selalu beri kekuatan lewat firman-Nya, lewat teman-teman, lewat kebaikan hati orang-orang di sekitar, dan lewat berbagai (and I mean a lot) cara. So, yes, this, too, shall pass. Tapi yang terpenting adalah bagaimana saya melaluinya.

Ketika melihat video rekaman dari paduan suara Zion, saya sangat terharu karena Tuhan, dan saya, tahu bahwa saya masih sangaaaatttt jauh dari layak disebut “hamba Tuhan yang baik dan setia.” Atas kehendak Tuhan, di dalam Kebaktian Umum 1 dan 2 kemarin, Paduan Suara Zion (generasi sekarang, tentunya) menyanyikan lagu yang sama (!!!) di dalam bahasa Inggris sementara saya menyampaikan khotbah :-) What a blessing! Nostalgia yang menguatkan!

Saya seperti diingatkan kembali untuk mengarahkan pandangan ke depan seperti Paulus yang berkata:
Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus (Filipi 3:13-14).
May the Lord who has called me keep me firm to the end!


NB: Video wishes di bawah adalah versi yang ditayangkan di Persekutuan Doa Rabu (I have the complete version :-P) Lalu di bawah adalah sebagian foto-foto yang saya punya - perpisahan dengan KP 1 dan perpisahan di airport. Saya nggak punya foto-foto perpisahan lainnya :-/ Silakan cari wajah masing-masing - versi masih pada imut :-) Sorry kualitas videonya otomatis dikurangi sama blogspot dan entah mengapa tidak bisa diputar di android tapi bisa di laptop.


video

video






No comments: