Thursday, June 02, 2011

Adventure of Faith - Michael Green

Beberapa bulan terakhir ini saya membaca beberapa buku biografi/autobiografi. Saya menyukainya karena selalu ada hal-hal menarik yang bisa direnungkan dari refleksi kehidupan orang lain, pengalaman mereka, pemikiran mereka akan banyak hal, atau berbagai kesulitan yang pernah mereka alami dan jalan keluarnya.

Dalam hal pengalaman pelayanan, Michael Green adalah salah salah satu orang yang ‘langka’. Dalam autobiografinya, dia menceritakan refleksinya selama 50 tahun di ladang pelayanan. Dan 50 tahun yang dia lalui adalah 50 tahun yang sangat berwarna-warni. Dia menulis 48 buku, pernah berkunjung dan melayani di hampir 40 negara, seorang penginjil dan pengkhotbah terkenal, pernah menduduki berbagai posisi dalam pelayanan, bertemu dengan banyak pemimpin gereja dan dunia.

Seperti yang dikatakan oleh John Stott tentang dia:
Few people have had such a variety of gifts, and such a range of experiences, as Michael Green. So he is able to evaluate firsthand many different ministries, movements and controversies.
Buku ini bukan hanya bercerita tentang kehidupan dan pelayanannya tetapi seperti judul bukunya, ini adalah refleksi dia atas 50 tahun pelayanannya. Di dalamnya dia mengemukakan pendapatnya dan perenungannya atas berbagai hal, issue, orang yang dia temui selama 50 tahun pelayanannya. Tidak heran, bukunya cukup tebal: 392 halaman! Namanya juga 50 tahun!!!

Ada beberapa hal yang di dalam buku ini yang ingin saya komentari lebih lanjut. Salah satunya sudah saya lakukan di Passion for Excellence. Lain kali mungkin yang lainnya.

Ada seorang dosen saya yang ingin menuliskan autobiografinya juga. Saya tidak tahu banyak tentang dia, tapi mungkin dia juga punya banyak pengalaman yang bisa dia bagikan. Kalau saya sendiri? Saya pikir saya tidak pantas menulis autobiografi, cukuplah menulis di blog… :-)