Thursday, January 02, 2014

Penuntun Saat Teduh: For the Love of God

Di awal tahun 2014, banyak dari kita yang membuat resolusi. Saya usul, bagaimana kalau salah satunya adalah membaca Alkitab dengan lebih baik, teratur, dan mendalam?

Buku penuntun saat teduh ada yang berseri (bulanan, dua bulanan, atau tiga bulanan) dan ada yang langsung lengkap selama setahun. Dari sekian banyak buku penuntun saat teduh tahunan (tentunya yang saya tahu), saya kira buku "For the Love of God" adalah yang terbaik. Tidak seperti buku lain yang seringkali hanya mengajak kita membaca satu ayat setiap hari, buku ini mengajak kita membaca satu pasal dan bahkan lebih! Penulisnya adalah D.A. Carson, salah seorang ahli Perjanjian Baru yang terkemuka. Renungan yang diberikan sangat baik dan mendalam.

Buku ini dibuat berdasarkan daftar bacaan Alkitab yang disusun oleh seorang bernama Robert Murray M'Cheyne yang lahir tahun 1813. Dia menyusun jadwal bacaan Alkitab untuk satu tahun - dan itu berarti membaca seluruh Perjanjian Lama satu kali dan seluruh Perjanjian Baru + Mazmur dua kali! Dia membuat empat kolom seperti di bawah ini: dua kolom adalah untuk dibaca pribadi dan dua kolom lagi untuk dibaca bersama keluarga (tidak masalah jika semua dibaca pribadi).


D.A. Carson, penulis "For the Love of God", tahu bahwa ini terlalu banyak. Maka dia mengusulkan supaya di satu tahun pertama, setiap hari kita hanya membaca dua bagian Alkitab, yang di kolom pertama dan kedua saja. Renungan yang dia tulis untuk hari itu akan diambil dari salah satu bagian saja. Di tahun kedua, barulah kita membaca bagian Alkitab di kolom ketiga dan keempat. Dan dia juga akan membuat renungannya hanya dari salah satu bagian saja. Itu sebabnya dia membuat buku For the Love of God dalam dua volume, masing-masing untuk satu tahun.

Misalnya, seperti di bawah ini: Di bagian atas dia menuliskan empat bacaan Alkitab sesuai yang dibuat M'Cheyne. Maka bacaan yang perlu dibaca adalah dua kolom pertama: Genesis 1 dan Matthew 1. Dia sendiri membahas hari itu dari Genesis 1 (diberi italic).


Anda bisa membaca dua bagian Alkitab itu sekaligus, lalu merenungkan salah satunya (yang dibahas oleh D.A. Carson). Atau anda bisa membaca satu bagian Alkitab saja di pagi hari (yang dibahas oleh D.A. Carson) dan membaca satu bagian lagi di malam hari. Untuk 1 January berarti Genesis 1 di pagi hari dan membaca renungan dari D.A. Carson, lalu Matthew 1 di malam hari. Dengan cara demikian, dalam dua tahun, anda sudah membaca dua kali Perjanjian Baru dan Mazmur, dan satu kali seluruh kitab Perjanjian Lama lainnya. Kalau anda ingin membaca Perjanjian Baru dan Mazmur satu kali saja, maka tinggal diatur jadwal membacanya.

Berita baiknya adalah, D.A. Carson membagikan buku For the Love of God ini secara gratis dalam bentuk PDF. Di bawah ini adalah link-nya:

For the Love of God, Volume 1:
http://s3.amazonaws.com/tgc-documents/carson/1998_for_the_love_of_God.pdf

For the Love of God, Volume 2:
http://s3.amazonaws.com/tgc-documents/carson/1999_for_the_love_of_God.pdf


Selamat bersaat teduh!

1 comment:

alex sinaga said...

Very helpful, I just download it. Especially from Da Carson.

Thank You Ko Jeff :)