Sunday, March 21, 2010

What Wives Wish Their Husbands Knew About Women

James Dobson adalah salah seorang penulis topik keluarga yang sangat saya sukai. Buku Dobson ini adalah salah satu buku yang saya baca waktu baru menikah. Saya sudah tidak ingat persis isinya tetapi beberapa nasihat bijaknya saya ingat sampai sekarang. Buku ini mengajar saya untuk sensitif dan bertanggung jawab kepada kesejahteraan emosi istri saya.

Terjemahan bahasa Indonesia untuk buku ini diberi judul yang sangat buruk "Istri Anda Rewel?" Kalau ada suami yang merasa something wrong dalam relasinya dengan istrinya (maksudnya: istrinya rewel), lalu ia membeli buku ini untuk mencari solusi, bisa anda bayangkan reaksi istrinya, "Jadi maksudmu aku rewel??!!".

Berkali-kali ketika mendengar masalah sepasang suami istri, saya langsung teringat untuk merekomendasikan buku ini. Menurut saya banyak masalah akan bisa dihindarkan kalau saja suami mau memperhatikan perasaan istri. Nasihat bijaknya: "Kesejahteraan emosi istri adalah tanggung jawab suami!"

Dalam perbincangan di kelas pra nikah GKY Singapore, saya teringat untuk merekomendasikan lagi buku ini. Maka waktu pergi ke toko buku rohani, saya mencoba mencarinya. Harganya tidak terlalu mahal. Tetapi yang sangat saya sayangkan adalah covernya yang buruk, kertasnya yang tidak bagus dan terlebih lagi typography-nya yang sangat tidak menarik (hurufnya kecil dan tidak enak untuk dibaca). Meminta orang membaca buku sudah cukup sulit, apalagi jika bukunya tidak sedap dipandang seperti ini.

I hope somebody will reprint this book in a better edition. Anybody, please!?