Monday, June 15, 2015

Chosen by God - R.C. Sproul


R.C. Sproul adalah salah satu teolog yang sangat membentuk pemikiran saya, khususnya mengenai Calvinisme, waktu saya masih mahasiswa di Trisakti. Dua buku teologi pertama yang saya baca habis, cover to cover, keduanya adalah tulisan dia. Buku ini adalah salah satunya. Waktu itu saya membaca versi terjemahan bahasa Indonesia-nya: Kaum Pilihan Allah (terbitan SAAT- Malang).
 
Saya menemukan review singkat tentang buku ini dari Tim Challies di sini, yang saya kira sangat tepat mewakili apa yang juga ingin saya katakan. Maka daripada menulis lagi, saya cuplik dan terjemahkan sebagian dari review yang dia tulis :-)
Sejak diterbitkan pada tahun 1986, Chosen by God (Kaum Pilihan Allah) sudah menjadi buku klasik pengantar kepada Calvinisme. Buku ini jelas adalah salah satu pengantar terbaik tentang Calvinisme yang tersedia saat ini. R.C. Sproul, adalah seorang teolog dengan karunia membuat hal yang kompleks menjadi sederhana. Dia memulai dengan introduksi kepada kedaulatan Allah dan kemudian menjelaskan kehendak bebas (free will) sebelum kemudian membahas mengenai 5 Pokok Calvinisme (5 points of Calvinism) yang sering disingkat sebagai TULIP. Dia mengubah beberapa istilahnya sehingga singkatannya menjadi RULEP, dan dia memberikan alasan yang baik untuk itu. Sproul juga membahas mengenai double predestination (Info: Tuhan menetapkan sebagian orang untuk diselamatkan dan juga menetapkan sebagian orang untuk binasa – double) dan jaminan keselamatan. Buku ini ditutup dengan bagian “Pertanyaan dan Keberatan” yang menjawab berbagai keberatan yang umum terhadap Calvinisme, seperti “Apakah predestinasi berarti fatalisme?” dan “Apa kaitan predestinasi dengan tugas penginjilan?”
Buku ini sangat enak dibaca, mudah dicerna, karena keahlian Sproul menyederhanakan topik yang sulit. Tetapi buku ini juga mendalam. Dia mengajak kita berpikir, bolak-balik, menantang kita dengan berbagai argumen yang sangat kuat dari sudut pandang Calvinisme. Seingat saya, waktu itu, paling sedikit 3X saya membaca buku ini!

Sebagai gambaran, berikut adalah daftar Bab dalam buku ini:

1. The Struggle
2. Predestination and the Sovereignty of God
3. Predestination and Free Will
4. Adam’s Fall and Mine
5. Spiritual Death and Spiritual Life: Rebirth and Faith
6. Foreknowledge and Predestination
7. Double, Double, Toil and Trouble: Is Predestination Double?
8. Can We Know That We Are Saved?
9. Questions and Objections Concerning Predestination

Kalau anda ingin mengerti tentang keselamatan, tentang pemilihan Allah (predestinasi), tentang kedaulatan Allah dan kehendak bebas manusia, saya sangat merekomendasikan buku ini.

Kalau anda tidak ingin mengerti semua itu, saya juga sangat merekomendasikan buku ini. Karena kalau anda tidak tertarik dengan semua itu, dengan sesuatu yang sangat penting bagi iman Kristen, justru anda lebih perlu lagi membaca buku ini.

Highly recommended!

4 comments:

T. Gunawan said...

Saya juga suka RC Sproul. Selain buku-bukunya yang menjelaskan teologi secara gamblang dan sangat dalam sekali, beliau tidak menggunakan bahasa yang terlalu rumit untuk orang awam "non-pendeta" seperti saya. Dan hebatnya lagi pelayanan beliau secara online (www.ligonier.org) disajikan secara DAILY.

Selain itu, John Piper (www.desiringgod.org) pun memiliki karakteristik yang sama.

Jeffrey Siauw said...

Sip pak Gunawan! :-)

Reinard said...

Bpk2 (keduanya Pa Jeffrey & Pa Gunawan), tlg bandingkan/kita sharing, dg 2 khotbah Pa Yakub B Susabda Predestinasi" & "Doa & Kehendak Tuhan"? Lalu beri komentar.

Jeffrey Siauw said...

Pak Reinard, maaf saya belum sempat mendengar 2 khotbah itu.
Thanks.