Monday, March 14, 2011

The Pastor's Soul Series

Bagi para hamba Tuhan, kalau-kalau belum pernah memperhatikan, saya ingin merekomendasikan satu seri yang menarik "The Pastor's Soul Series".

Seri ini terdiri dari 5 buku yang ditulis oleh penulis yang berbeda: The Power of Loving your Church, Pastoral Grit, Preaching With Spiritual Passion, Listening to the Voice of God, Leading With Integrity.

Pertama kali tahu dan melihat judul buku-buku dalam seri ini, saya berpikir bahwa ini akan menjadi seri yang sangat menjanjikan. Tetapi setelah membaca dua di antaranya, saya sadar tidak ada yang sempurna (karena saya kurang puas dengan salah satunya). Walaupun begitu, saya yakin banyak hal bisa kita pelajari (dan pikirkan dengan kritis) dari para penulis buku ini.

Buku-buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang praktis, luwes, dan jujur dalam mengungkapkan pergumulan hamba Tuhan. Dua buku dalam seri ini yang sudah saya baca adalah:

The Power of Loving Your Church. Banyak insights menarik yang saya dapat dari buku ini. Khususnya tentang pola hubungan gereja dan gembalanya dan pentingnya untuk bertahan di satu gereja.
Listening to the Voice of God. Beberapa bab di awal cukup menjanjikan tapi terus terang saya agak kecewa dengan beberapa bab akhir. Penulis tidak dengan tajam bicara tentang mendengar suara Allah tapi seperti terseret menceritakan pergumulannya dalam relasi dengan beberapa orang.







Saya berniat membaca tiga buku lain di dalam seri ini. Selalu menarik dan bisa belajar sesuatu dari kehidupan, pergumulan dan pengalaman orang lain. Dan yang penting adalah kita bisa 'bercermin' karena membaca kisah mereka membuat kita berpikir tentang hidup pelayanan kita sendiri. Tanpa sering 'bercermin', kita bisa lupa 'wajah' kita. Maka saya menganjurkan rekan-rekan hamba Tuhan untuk membaca seri ini.