Tuesday, May 29, 2007

Doa Ku Dari Doa Bapa Kami

Bapa kami yang di sorga
Tuhan yang di sorga, terima kasih aku boleh memanggilmu Bapa. Dan terima kasih karena aku tahu aku tidak sendirian dalam perjalanan rohaniku di dunia ini. Aku punya keluarga iman, orang-orang yang di dalam iman bersama-sama berseru menyebutMu: Bapa kami!

Dikuduskanlah namaMu
Bapa, ampuni kalau seringkali aku tidak menghormati kekudusanMu. Ajar aku untuk merindukan namaMu ditinggikan dan dihormati. Jangan biarkan ada orang yang menista Engkau, ya Bapa. Kalau hari ini aku melihat orang melakukannya, biarlah hatiku berkobar karena cinta akan Engkau. Kalau Engkau masih mengizinkan orang-orang menista namaMu, jangan biarkan aku, anakMu ini, ikut melakukannya. Nyatakan kekudusanMu di dalam dunia ini supaya semua orang takut akan Engkau!

Datanglah kerajaanMu
Tuhan pakailah aku dan pakailah gerejaMu untuk memperluas kerajaanMu. Biar lewat hidup kami, terpancar kasih, keadilan, kebenaran dan rasa hormat akan Engkau. Biar kerajaanMu dan kuasa pemerintahanMu makin nyata. Kami rindu, ya Bapa, semua lutut bertelut dan semua lidah mengaku: Engkaulah Tuhan!

Jadilah kehendakMu di bumi seperti di sorga
Betapa berbedanya, ya Bapa, bumi dengan sorga. Di sorga, semua tahu siapa yang memerintah, semua malaikat melayani Engkau, semua mengasihiMu. Selama di bumi, aku akan terus melihat manusia berjuang saling menguasai, melayani diri, berebut uang dan kehormatan. Karena itulah hatiku merindukan sorga.... Tetapi aku rindu bukan cuma di sorga, tetapi saat ini juga di bumi ini, kehendak Bapa terjadi. Dan karena aku anakMu ini lemah, mulailah dari aku hari ini, ya Bapa.

Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
Dua hal aku minta: penuhi hatiku dengan rasa syukur untuk semua yang Kau berikan termasuk sepiring nasi yang berasal dari padaMu dan puaskan hatiku dengan apa yang Kau berikan. Jangan aku tidak bersyukur, dan jangan aku meminta lebih dari yang aku perlukan. Berikanlah ya Bapa berkatMu yang cukup bagiku untuk menjalankan tugasku di dunia. Dan beri aku kerelaan untuk membagikan kepada orang lain kelebihan yang Engkau berikan.

Dan ampunilah kami akan kesalahan kami seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
Ampunilah aku ya Bapa untuk kesalahan dan dosaku. Ajar aku juga mengampuni orang lain. Jangan biarkan aku memandang remeh dosaku dan memandang berat dosa orang lain, apalagi saudara-saudaraku yang Engkau tempatkan di sekitarku untuk kukasihi.

Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
Bapa, kadang-kadang kejahatan terasa mengurung aku dan aku tidak tahan. Kadang-kadang situasi terasa begitu menekan dan menggodaku untuk melakukan kejahatan baik lewat mulutku maupun tindakanku. Lepaskanlah aku ya Bapa daripada yang jahat supaya aku jangan jatuh ke dalam pencobaan. Bapa, janganlah murka kepada kelemahanku, ingatlah akan kasih sayangMu. Apapun yang terjadi, jangan biarkan aku sendirian dalam dunia yang jahat ini dan pencobaan menggulungku sampai habis.

Aku memanjatkan doaku dengan iman dan dengan berani karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya! Terpujilah Engkau Bapaku, terpujilah Engkau Bapa kami, Bapa dari orang-orang yang Engkau kasihi!

Amin!