Saturday, September 24, 2011

Sexual Character - Marva Dawn

Marva Dawn adalah salah satu penulis favorit saya. Bukunya yang satu ini sebenarnya sudah saya baca sebagian beberapa tahun lalu, bahkan sudah saya khotbahkan. Baru-baru ini saya membaca ulang buku ini dan kali ini – akhirnya - sampai selesai.

Dawn membagi bukunya menjadi tiga bagian:

Bagian pertama dia bercerita tentang ‘the problem’. Dia bicara tentang bagaimana masyarakat kita sakit, kesepian, dan mencari pemecahannya melalui seks, tanpa pernah berpikir bahwa Tuhan tidak merancangnya demikian. Makin mereka memakai seks dengan salah, makin buruk keadaannya. Dan dia menutup dengan bagian yang sangat inspiring: “The Church Must Be The Church: An Ethics of Character”. Etika karakter adalah etika yang bertanya “saya mau jadi orang seperti apa dengan melakukan ini?”

Bagian kedua dia menjelaskan rancangan Tuhan akan karakter seksual manusia. Dia membicarakan tujuan pernikahan, makna dari sexual union, dan bagaimana buah roh terwujud dalam sikap kita terhadap seksualitas. Dawn selalu menekankan penting komunitas gereja dalam saling membentuk.

Bagian terakhir adalah bagaimana menerapkan prinsip-prinsip yang sudah dibahas itu di dalam masalah praktis seperti: friendship, homosexuality, marriage, divorce, nurturing children, abortion, teenagers, dating, and “sex”.

Banyak hal yang dia tuliskan dalam buku ini mungkin merupakan pergumulan dan kerinduan pribadinya akan kehidupan keluarga dan komunitas Kristen yang ideal. Seringkali dia hanya bertanya “apa yang bisa kita lakukan…? bagaimana kita bisa menjadi…? bagaimana kita bisa mengajarkan…?” dst.

Marva Dawn adalah seorang scholar dengan Ph.D di bidang etika dan Alkitab. Dia tidak hanya banyak bergelut dengan dunia akademis tetapi juga banyak melayani sebagai jemaat biasa di gerejanya dan bahkan melayani anak-anak muda. Maka buku ini, satu sisi tidak rumit, tapi di sisi lain juga tidak kehilangan kedalaman.

Verdict: Buku yang sangat baik, highly recommended!