Friday, August 21, 2009

Tindakan-tindakan 'Kecil' Dalam Kasih

(Posted in Dec 1, 2006)

Tindakan-tindakan 'kecil' yang dilakukan dalam kasih, sebenarnya sangat tidak kecil.

Waktu masih di sekolah teologi, kami memiliki seorang dosen yang kami tahu sangat sibuk. Suatu malam, dalam keadaan lelah, dia datang membawakan martabak untuk kami. Dia hanya datang sekitar 15 menit, memberikan martabak dan bercanda sebentar dengan kami. Tetapi entah kenapa, apa yang dia lakukan menyentuh saya, dan tidak pernah saya lupakan sampai saat ini.

Satu kali saya bersama istri ingin pergi melihat suatu pertunjukan. Dan beberapa hari sebelum kami pergi ke sana, istri saya mengajak teman lain untuk ikut. Secara keseluruhan acara kami hari itu sangat biasa: perjalanan yang sangat macet khas Jakarta, percakapan biasa dalam mobil, pertunjukan yang sama sekali tidak ‘wah’, makan bersama di restoran padang yang juga biasa. Tetapi waktu sampai di rumah, salah seorang teman yang ikut mengirim sms kepada saya (saya mengganti nama dan sedikit gaya tulisannya untuk privacy): “Ko, thx bgt ya bwt hr ni.Tlg sampaikan jg thx bwt c Yudith. Aku seneng bgt d’ajak jln2 :) asik, rasanya spt kluarga bnran aja lg jln2. Xie2”. Dia memberitahu saya bahwa dia jarang pergi jalan-jalan bersama keluarganya.

Saya tidak menyangka tindakan kecil yang kami lakukan (hanya mengajak ikut jalan-jalan ke tempat yang tidak istimewa!), ternyata menyentuh dia.

Waktu saya mengingat peristiwa itu, saya mencoba mengingat peristiwa-peristiwa lain dalam hidup saya. Ternyata saya menemukan, banyak peristiwa yang tidak bisa saya lupakan adalah tindakan-tindakan 'kecil' yang dilakukan orang-orang dengan kasih kepada saya. Saya tidak mungkin sebutkan semuanya di sini, dan saya juga tidak bisa katakan betapa indahnya apa yang mereka lakukan. Tetapi kalau saya mengingat lagi peristiwa-peristiwa itu, saya masih tersentuh.

Dan yang paling mengejutkan, tindakan-tindakan 'kecil' dalam kasih itu, juga menyentuh hati Yesus.

Saya jadi ingat beberapa perkataan Yesus, “sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudaraKu yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku”, atau “barangsiapa memberi air sejuk secangkir sajapun kepada salah seorang yang paling kecil ini, karena ia muridKu, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya”. Juga ketika seorang janda miskin memberikan persembahan 2 peser (jumlah yang mungkin kalau dikonversikan ke uang kita hanya bernilai beberapa ratus rupiah saja), Yesus mengatakan “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan”.

Apakah tindakan-tindakan kecil yang dilakukan dalam kasih itu kecil? Tidak!

Mulailah lakukan itu.