Thursday, March 29, 2012

"New Testament for Everyone" Series - N.T. Wright

For many years many people have found help in reading William Barclay’s The Daily Study Bible, which covers the whole New Testament in seventeen volumes. This work is now being replaced by Tom Wright’s “…for Everyone” series. –Gordon D. Fee and Douglas Stuart, How to Read the Bible for All Its Worth, 3d ed. (Grand Rapids: Zondervan, 2003), 272.
Terjemahan bebas saya:
Selama bertahun-tahun banyak orang mendapatkan pertolongan dengan membaca Seri Pemahaman Alkitab Setiap Hari (terbitan BPK Gunung Mulia) karangan William Barclay, yang meliputi seluruh Perjanjian Baru dalam tujuh belas buku. Karya ini sekarang tergantikan oleh seri “…for Everyone” karangan Tom Wright.
Kebutuhan akan tafsiran sangat dirasakan oleh orang-orang Kristen awam yang ingin belajar Alkitab dengan lebih serius. William Barclay, seorang profesor Perjanjian Baru, menumpahkan keahliannya dengan membuat tafsiran yang relatif sederhana. Tapi kesederhanaan itu tidak membuat tafsirannya berkurang bobotnya karena – dengan sederhana - Barclay menguraikan latar belakang dan menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin timbul.

Tom Wright (atau N.T. Wright) yang pernah menjadi Bishop gereja Anglikan di Durham, adalah salah satu nama terbesar saat ini dalam bidang Perjanjian Baru. Dia menulis tafsirannya dengan sederhana, menarik, tapi berbobot. Ketika pertama kali saya membaca salah satu buku dalam seri ini, saya merasa dia menulis ‘terlalu’ sederhana. Tapi ketika saya sudah membaca beberapa tafsiran lain yang lebih ‘berat’, lalu saya kembali lagi membaca tulisan dia, wow… ternyata semua point yang penting sudah dia tuliskan – dengan sederhana. Maka jangan tertipu dan menganggap kalimat-kalimatnya asal lalu, karena itu adalah intisari dari berbagai kerumitan dan polemik yang ada.

Setiap kali memulai pembahasan bagian Alkitab tertentu, dia mengawali dengan mencantumkan teks Alkitab bagian yang terkait, lalu baru masuk ke dalam penguraiannya. Sebagai catatan, teks bagian Alkitab itu adalah hasil terjemahannya sendiri. Maka untuk menuliskan seri ini, dia menterjemahkan ulang seluruh Perjanjian Baru. Dan terjemahannya bahkan bisa dibeli tersendiri dalam bentuk Alkitab Perjanjian Baru!

Seri tafsiran ini terdiri dari 18 buku meliputi seluruh Perjanjian Baru. Saya sendiri sangat bersyukur dengan terbitnya karya Tom Wright seri "New Testament for Everyone” ini (Matthew for Everyone, Mark for Everyone, dst).

William Barclay memiliki beberapa posisi teologis yang saya sangat tidak setuju, seperti dia tidak percaya akan mukjizat, dan dia percaya akan keselamatan universal (untuk semua manusia dari kepercayaan apapun). Tom Wright berbeda. Saya bersyukur mendengar karya ini sedang dalam proses penterjemahan ke bahasa Indonesia. Saya yakin ini akan menjadi berkat bagi orang Kristen di Indonesia. Bagi yang di Indonesia, siap-siap untuk beli!!!